Upaya dalam meningkatkan kapasitas para pembina Palang Merah Remaja, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bandung menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pembina PMR selama 4 hari mulai tanggal 9 s.d. 12 Maret 2018 yang bertempat di Pusat Pendidikan dan Perbekalan (PUSDIKBEKANG) TNI AD Cimahi Jawa Barat.Acara yang diselenggarakan PMI Kabupaten Bandung dengan di dukung oleh Dinas Pendidikan Kab. Bandung serta melibatkan Forum Pembina PMR sebagai perwakilan peserta kegiatan yang diikuti 30 SMP/MTs dan SMA/SMK se Kabupaten Bandung, Sabtu (9/3).Hari Kamis peserta Cek in di lokasi dan Acara dimulai pukul 07.00 WIB yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris pengurus PMI Kab. Bandung Drs. Entang Sukandar dan didampingi oleh Kepala Markas PMI H. Agus Permadi, SE di Aula Pusdikbekang TNI AD. Tujuan dilaksanakannya kegiatan Diklat Pembina PMR program untuk melakukan penyeragaman materi kepalangmerahan juga upaya dalam meningkatkan kapasitas

Pembina PMR sebagai “Sang relawan garda terdepan di bidang pembinaan dan pendidikan PMR sebagai generasi penerus relawan masa Depan ,’ kata Entang.
Adapun materi yang diberikan dalam kegiatan diklat PMR diantaranya sosialisasi manajemen pembinaan PMR dan peningkatan kapasitas keterampilan pembina berupa teori dan peragaan yang meliputi kepalangmerahan dan HPI (Hukum Perikemanusiaan Internasional),Sosialisasi Undang-undang Kepalangmerahan, pertolongan pertama, perawatan keluarga, pendidikan remaja sebaya, ayo siaga bencana dan materi donor darah siswa serta Kepemimpinan dan Turun Tebing yang di latih langsung oleh Instruktur TNI dari Pusdikbekang TNI AD. Hal tersebut bermanfaat dalam menyebarluaskan nilai-nilai kemanusiaan dan Kepalangmerahan,” Kegiatan Diklat pembina PMR dihadiri juga Kepala Markas PMI Provinsi jawa Barat Erlan, Dinkes Kab. Bandung, BPBD Kab. Bandung dan kegiatan akhir penutupan ditutup oleh asisten 1 pemerintahan Yudhi Haryanto,SH,S.Pi.