Zemanta Related Posts ThumbnailPalang Merah Indonesia ( PMI ) Provinsi Jawa Barat, telah mengikuti kegiatanTemu Karya Nasional PMI V tahun 2013 di Kawasan Wisata Bendungan Selorejo, Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang provinsiJawaTimur, padaTanggal 23 – 30 Juni 2013.

Kegiatan yang diikuti meliputi kegiatan TEMU yang dikemas melalui kegiatan Saresehan dengan beberapa kementrian RI, seperti Koperasi Usaha kecil dan menengah, Kementrian pemberdayaan peranan wanita, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Kegiatan Karya Meliputi kegiatan Non Fisik dan Bhakti fisik sosial. Kegiatan Pengembangan Kapasitas meliputi kegiatan berbagi pengalaman pada saat penanggulangan korban jatuhnya pesawat sukhoi di kabupaten bogor, budidaya lele yang dilakukan oleh Relawan PMI di Kabupaten Bekasi, dan lintas terampil kepalangmerahan. Sedangkan kegiatan persahabatan melalui kegiatan Galeri Karya Relawan, Drama 7 (tujuh) Prinsip Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, Street art kolaborasiseni “Sisingaan, calung danTari jaipong,” berjejaring dan Anjang sana antar kontingen serta Pemilihan Kontingen favorit dan Relawan Favorit serta pembuatan Komik edukasi Relawan dan Melukis kemanusiaan.

Kontingen PMI ProvinsiJawabarat, menonjolkan perannya sebagai Barometer pembinaan dan Pengembangan Relawan sebagai agen perubahan perilaku, dengan mengedepankan Kearifan Budaya Lokal Sunda.Menampilkan Atribut “Totopong” iket khas Sunda dan pakaian pangsi dengan logo pemerintah Provinsi Jawabarat yang bersanding dengan logo PMI.Begitu pula dengan konsep perkemahan kontingen dibangun dengan cirri khas kesundaan, dengan maskot si “Cepot” dansi“ dawala”.

Keramahtamahan adat dan etika sunda, memanfaatkan waktu anjangsana antar peserta, kontingen PMI Provinsi Jawa Barat secara tersistematis dan Religius, memainkan peran sebagai agen perubahan perilaku, mempromosikan isu anti kekerasandan sosial eksklusi.

Guna megikuti kegiatan ini, PMI ProvinsiJawa Barat mengirimkan Relawan PMI terdiridari87 orang sebagai peserta dan unsur Anggota Korps Sukarela, Tenaga Sukarela dan Donor Darah Sukarela, 35 orang sebagai pendamping dari unsur Staf Markas PMI Provinsi dan Kabupaten/Kota. Jumlah keseluruhan 128 orang.

Berdasarkan penilaian dari keseluruhan kegiatan yang diikuti oleh PMI ProvinsiJawa Barat, mendapatkan nilai point tertinggi, 4414 dan diputuskan oleh panitia pelaksana ditetapkan sebagi Peringkat pertama (juara Umum). Sesuai dengan visi kontingen “Memampukan Relawan PMI ProvinsiJawa Barat sebagai agen perubahan perilaku yang menolong secara Profesional, dengan sepenuh Hati, bergerak bersama masyarakat,” telah menjawab sudah, sesuai dengan amanat Gubernur Jawa Barat pada saat pelepasan kontingen, yaitu mengistilahkan” Punten Kapayunan”. PMI Provinsi Jawa Barat melewati nilai beberapa PMI Provinsi lainnya dalam kegiatan Temu Karya Nasional Relawan PMI ke V tahun 2013.

Bandung, 01 Juli 2013

Kontingen TKN Relawan PMI

ProvinsiJawa Barat

Ketua

 

DR. H. Ramdan MT