Diklatsar Korps Sukarela PMI Kabupaten Bandung-Rekruitmen diadakan pada bulan Maret s/d bulan Juni 2018 dengan jumlah pendaftar sebanyak 87 orang (45 putra dan 42 putri) yang berasal dari 15 wilayah Kecamatan.
Basis diklatsar dibagi dalam dua tahap, yaitu ;
1). Basis kelas dilaksanakan pada bulan Juli 2018 setiap hari Sabtu dan Minggu bertempat di Markas PMI Kabupaten Bandung.
2). Basis lapangan rencananya akan dilaksanan selama 6 hari mulai tanggal 11 s/d 17 Agustus 2018 bertempat di bumi perkemahan ranca upas Rancabali.
Pembukaan Diklatsar dibuka oleh Sekretaris dengan Kepala Markas pada tanggal 7 Juli 2018 bertempat di Markas PMI Kabupaten Bandung dengan jumlah peserta sebanyak 37 orang (19 putra dan 18 putri). Adapun materi Yang telah disampaikan, diantaranya ; Gerakan Palang Merah dan Himpunan Palang Merah Indonesia, Organisasi Palang Merah Indonesia, Kesehatan Remaja, Pertolongan Pertama, Perawatan Keluarga, Pengantar manajemen bencana, Assesment, Shelter, Dapur umum, Logistik dan distribusi, Ristory Family Link, Water dan sanitasi, Pengantar program berbasis masyarakat dan Kepemimpinan.
Dari jumlah total pendaftar sebanyak 87 orang sampai dengan ini tersisa sebanyak 37 orang (19 putra + 18 putri) .