Kegiatan Posko PMI di seluruh Jawa Barat di mulai dari 16-27 April 2023 untuk melayani masyarakat, Petugas yang terdiri atas satu tenaga kesehatan, satu pengendara, dan satu staf PMI. Setiap hari ada 1 shift dengan waktu melayani 12 jam dari 08.00-20.00, sedangkan untuk Posko Lingkar Nagreg sampai pukul 21.00. petugas pelaksana dilakukan secara rotasi Posko tiap harinya karena ada 4 Posko yang dikelola PMI.
Kunjungan dan Pematauan kegiatan Posko PMI selama menjelang puasa dan mudik lebaran dipantau langsung oleh ketua PMI kabupaten Bandung ,dr. H. Achmad Kustijadi dan sekretaris PMI Kab. Bandung, H. Entang Sukandar beserta jajaran pengurus lainnya secara rotasi dan bergilir mengunjungi posko di 4 titik lokasi yang sudah ditentukan. Di sela-sela Kunjungan lainnya Wakil Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jabar, Kombes Pol. (Purn) Dr. Ruhanda,MSi, Rabu 20 April 2023, Ruhanda yang turut serta mengunjungi dan memantau Posko Mudik di Posko PMI Kota Cimahi Posko PMI exit tol Padalarang, Bandung Barat, dan Posko Alfathu Soreang mengatakan, PMI Jabar bekerja sama dengan PMI Kabupaten dan kota membuka posko sebanyak 60 titik untuk melayani para pemudik. “Sedangkan mobil ambulans yang disiagakan adalah 49 unit dan personel 500 orang,” kata Ruhanda.Dia menambahkan, pihaknya bekerja sama dengan instansi lain seperti Dinkes, Pemadam Kebakaran, Kepolisian, Dinas Perhubungan, dan instansi lainnya.
Kabupaten Bandung sendiri memiliki 4 posko yakni di Jln. Raya Al-fathu, Jalan Lingkar Nagreg, Monteng Ibun Majalaya, dan dekat Situ Cileunca Pangalengan,” ujarnya. Untuk pelayanan kesehatan lainnya PMI mensiagakan tenaga medis yang punya keahlian kebidanan dan ada juga asisten bidan serta relawan PMI yang berprofesi sebagai perawat yang standby sehingga selama di Posko tak perlu khawatir, petugas PMI siap siaga melakukan pelayanan darurat medis dan penanganan pertolongan pertama kepada korban serta langsung dirujuk ke fasilitas kesehatan terdekat bagi pengunjung dan pemudik yang memerlukan. Selama posko PMI Kab. Bandung dibuka dari tanggal 16 – 27 April 2023 telah tercatat banyak menangani kejadian kecelakan ringan dan sedang selama posko dibuka, khususnya di daerah rawan seperti jalur Jalan Lingkar Nagreg dan Monteng Ibun Majalaya.