Dalam upaya pasca Bencana banjir yang menerjang Kampung Rancamanyar, Desa Nanjung Mekar, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung (14/3), PMI kabupaten Bandung mengirimkan relawan/KSR sebanyak 18 orang untuk membantu membersihkan lumpur setalah banjir melanda wilayah tersebut. Pembersihan yang dilakukan tim PMI dalam upaya mempercepat pemulihan pasca panjir adalah dengan membersihkan lumpur pada area publik /fasilitas umum yang diantaranya sekolah sekitar Desa Nanjung mekar dan rumah-rumah warga yang terkena banjir bandang.

“Sebagai informasi dari media, Sementara jumlah warga terdampak banjir mencapai 476 kepala keluarga dengan tinggi muka air kurang lebih 30 cm. Banjir diakibatkan karena jebolnya tanggul yang dipicu tingginya intensitas hujan di wilayah Rancaekek pada Minggu (13/3) sekitar pukul 21.00 WIB.”
Dengan alat pembersih lumpur , relawan/KSR PMI dibantu warga secepatnya membersihkan lumpur-lumpur yang menumpuk disekitar area jalan umum dan sekitar yang terkena dampak banjir guna pemulihan aktifitas warga dan rumah warga agar bersih kembali dan segera beraktifitas dalam kegiatannya sehari-hari.