Manajemen Posko dan logistik merupakan aktivitas yang sangat penting dalam sebuah organisasi khusunya bagi PMI, karena sangat berpengaruh terhadap kebutuhan inventory dan ketesedian stock bantuan bencana yang ada untuk dapat diberikan kepada korban bencana. Adanya dinamika permintaan bantuan bagi korban bencana menuntut pengelolaan logistik untuk menggunakan pendekatan baru yang mampu meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan. Pelatihan ini memberikan arahan bagi staf logistik ,staf posko bencana dan relawan mengenai teknik dan metoda pengelolaan logistik yang efektif dan terintegrasi, yang meliputi aktivitas pembelian, pergudangan, pengendalian inventori, dan distribusi barang.
Para peserta pelatihan diharapkan dapat terlibat secara aktif pada setiap sesi dari training ini yang akan dibawakan oleh Instruktur dengan rincian muatan 20% penjelasan teori dan 80% perumusan Program, Studi Kasus, Diskusi dan Umpan Balik
Sub Kegiatan yang dilaksanakan Manajemen Posko & Logistik, Fungsi & Kapasitas Posko, Manajemen Logistik, Tata kelola adm pergudangan dan Relief Distribusi Bantuan. Penyelenggaraan oleh PMI Pusat Melalui PMI Provinsi dan kegiatan pelatihan dilaksanakan di Kabupaten Pangandaran.